Sabtu, 19 Maret 2011

Penulisan Ilmiah

ABSTRAKSI

EVI SISWIDYA KUSUMA DEWI. 20207420
“PENGARUH LABA PER LEMBAR SAHAM DAN RASIO LABA TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM”
PI Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010
Kata Kunci : Laba Per Lembar Saham, Rasio Laba, dan Perubahan Harga Saham

( xi + 46+ Lampiran )

Investasi dalam bentuk saham merupakan pembelian/ penyertaan/ kepemilikan perusahaan lain dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan yang berupa deviden. Keuntungan lainnya bisa berupa control manajemen yaitu hak menentukan kebijakkan atas perusahaan yang dibeli. Investor memerlukan banyak pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk membeli saham. Salah satunya dengan menganalisa harga pasar per lembar saham dengan laba yang dapat dihasilkan. Tujuan dari penulisan ilmiah ini untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara EPS dan PER terhadap perubahan harga saham pada lima jenis perusahaan periode 2005-2009.
Penulis menggunakan analisis korelasi sebagai dasar perhitungan. Berdasarkan uji t hasil pengujian hipotesis secara parsial untuk variabel EPS diperoleh thitung = 1,663 < ttabel = 1,717 dan variabel PER diperoleh thitung = -0.411 < ttabel = 1,717. Sedangkan berdasarkan uji F secara simultan diperoleh Fhitung = 0,271 < Ftabel = 0,74.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dengan menggunakan analisis korelasi, baik secara simultan maupun parsial terbukti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara laba per lembar saham dan rasio laba terhadap perubahan harga saham pada kelima jenis perusahaan.




Daftar pustaka (2006-2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar